Cara Menghilangkan Kesedihan Dalam Syariat Islam

Kehidupan yang di lalui manusia di dunia ini tidak semulus jalan tol , dengan kata lain kehidupan di dunia ini tidak selamanya bahagia, namun pasti ada kalanya sedih , dan susah . Namun , kita sebagai seorang muslim yang percaya akan kuasa Allah swt tidak boleh berlarut – larut dengan kesedihan . Untuk itu , pada kesempatan kali ini , kita akan mempelajari bersama mengenai cara menghilangkan kesedihan dalam syariat islam .

Cara Menghilangkan Kesedihan

Cara Menghilangkan Kesedihan Dalam Syariat Islam

Kebahagiaan dan kesedihan merupakan 2 keadaan jiwa atau perasaan seseorang yang saling melekat satu sama lainnya dan merupakan sifat kemanusiaan . Karena setiap manusia pasti ada kalanya merasa senang dan ada kalanya merasa sedih . Kesedihan selalu identik dengan menangis , walaupun sesungguhnya kesedihan tidak harus dengan menangis .

Penyebab Kesedihan 

Banyak hal yang menyebabkan seseorang merasa sedih diantaranya yaitu karena kematian , kehilangan , kemalangan , umpatan dan cacian orang . Ada juga yang merasa sedih karena keadaannya , paras wajahnya , nasibnya dan ada pula karena kehidupannya . Ada kalanya juga manusia merasa sedih karena kelemahannya ,keimannanya yang rendah serta ibadah yang sedikit .

adversitemens

Pada intinya , semua orang pasti ada kalanya merasakan kesedihan.

Kesedihan merupakan Kebiasaan Manusia

Kesedihan dapat dikatakan menjadi sutu kebiasaan manusia bahkan sebagai suatu sifat kemanusiawian . Hal ini dikarenakan Para Nabipun merasakan kesedihan dan Rasulullah saw pernah merasakan sedih saat ditinggalkan orang – orang yang di sayanginya .

Namun , Para Nabi dan Rasul tidak berlarut – larut dalam kesedihannya .Namun beliau langsung bangkit dan kembali berjuang tanpa memanjangkan kesedihan yang dirasakannya .

Berbeda dengan kita , yang masih membiasakan memanjangkan kesedihan dan seakan – akan Allah swt tidak wujud (ada ) di dalam kehidupan kita .  Kesedihan yang seperti ini lah yang di larang dalam syariat Islam

Kesedihan Yang Diperbolehkann Dan Tidak Dibolehkan

adversitemens

Walaupun kesdihn adalah suatu sifat kemanusiawian , namun ada kesediha yang diperbolehkan dan ada juga yang dilarang .

  • Kesedihan yang diperboleh kan yaitu sedih karena takut kepada Allah , sedih karena keimanan yang rendah , sedih karena belum mampu menjadi pribadi yang baik dan sedih karena ibadahnya yang masih sedikit .
  • Kesedihan yang tidak diperbolehkan , yaitu sedih karena meratapi nasib keadaan hidupnya , sedih karena paras wajah , dan karena hal – hal yang menunjukkan sikap tidak syukur dengan keadaan atau takdir yang telah ditentukan Allah swt .

Allah swt berFirman dalam QS. At- Taubah ayat 40 :

Cara Menghilangkan Kesedihan

Dari ayat di atas , dapat kita simpulkan bahwa Allah swt senantiasa bersama kita , karena Allah swt maha perkasa lagi maha bijaksana . Jika kita tetap merasa sedih , dan merasa Allah swt tidak berpihak pada kita itu artinya kita belum dekat dengan Allah swt .

Cara Menghilangkan Kesedihan Dalam Syariat Islam 

Berikut adalah beberara cara yang diajarkan Rasulullah saw ketika kita sedang sedih , dan supaya kesedihan kita cepat hilang dan tidak berlarut – larut dalam kesedihan , diantaranya adalah :

1. Meyakini Bahwa semua kesedihan dan kesusahan adalah takdir atau ketentuan dari Allah swt .

Jika kita telah menyadari bahwa semua yang terjadi adalah kehendak Allah swt , maka hati kita akan lebih tenang dan lebih lapang . Dan sesungguhnya semua ketentuan Allah swt adalah sebuah hal yang terbaik untuk hamba – hambaNya .

2. Selalu Mengingat Bahwa Allah swt senantiasa bersama kita 

Ketika kita merasa sedih ,kebanyakan dari kita tidak sadar bahwa Allah swt selalu berada di dekat kita . Oleh karena itu , kita dianjurkan selalu mengingat Allah swt dalam keadaan apapun .

Apabila kita selalu mengingat Allah swt , maka tidak ada yang perlu kita takutkan dan kita sedihkan .

Allah swt berFirman dalam QS. Ar- Ra’d ayat 28 :

Cara Menghilangkan Kesedihan

Dari ayat diatas , dapat kita simpulkan bahwa hanya dengan mengingat Allah swt lah hati seseorang menjadi tentram dan sudah otomatis kesedihan akan hilang .

3. Berdo’a Seperti Yang Diajarkan Rasulullah saw

Cara yang ketiga untuk menghilangkan kesediha yaitu dengan berdo’a . Dan cara ini adalah suatu cara yang paling efektif . Rasulullah saw juga berdo’a kepada Allah swt untuk memohon pertolongan , apalagi kita manusia biasa yang tidak memiliki kemampuan apa – apa dan jauh lebih memerlukan pertolongan dari ALLAH SWT .

Berikut adalah do’a yang diajarkan Rasulullah saw dalam Hadist Riwayat Abu Daud :

Cara Menghilangkan Kesedihan

4. Meperbanyak berdzikir kepada Allah swt

Ketika kita sedih , janganlah kita melakukan hal yang aneh – aneh bahkan membahayakan diri kita . Alangkah baiknya kita lebih mendekatkan diri lagi dengan Allah swt  . Cara utuk lebih dekat lagi dengan Allah swt yaitu dengan memperbanyak dzikir , memperbanyak membaca istigfar , dan memperbanyak juga membaca Sholawat Nabi.Dengan kita memperbanyak dzikir , maka hati kita akan lebih tenang dan tentram .

5.  Membaca Al- Qur’an

Selain berdzikir , membaca Al- Qur’an juga merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan kesedihan . Dengan membaca Al- Qur’an ,maka langkah – langkah kita akan tertata serta waktu – waktu kita juga akan lebih bermanfaat , tidak hanya dengan menangis dan meratapi nasib .

6. Menghindari hal – hal yang menyebabkan kesedihan

Selain cara – cara diatas , untuk menghilangkan kesedihan dari kita juga sangat perlu bagaimana tingkah laku kita dalam bertindak . Jika kita banyak melanggar aturan agama dan banyak melakukan hal yang bertentangan dengan Al- qur’an atau pedoman hidup kita , maka bukan tidak mungkin kehidupan kita akan penuh dengan kesengsaraan dan kesedihan .

Lain halnya jika seseorang menjalankan kehidupannya sesuai dengan syariat , maka hidupnya akan tertata rapi dan kehidupannya juga dipenuhi dengan keberkahan . Jika hidup sudah mendapat berkah dari Allah swt , maka sudah otomatis kehidupannya penuh dengan kebahagiaan dan terhindar dari kesedihan . Subhanallah . . .

Jadi , menghindari hal – hal penyebab kesedihan juga penting untuk menghilngkan kesedihan dari diri seseorang .

Demikian penjelasan mengenai cara menghilangkan kesedihan dalam diri seseorang dalam syariat islam . Pada intinya , kesedihan adalah hal yang wajar selama kesedihan itu tidak berlarut – larut dan kesedihan itu bukan karena penyesalan akan takdir Allah . Jika penyesalan karean takdir Allah swt menjadikan penyebab kesedihan , maka kesedihan seperti ini lah yang dilarang oleh Allah swt dan RasulNya .

Dan yang perlu kita ingat , kesedihan bukan penyelesaian dari suatu masalah . Jadi , mari mulai dari sekarang perbanyak mendekatkan diri kepada Allah swt . Dengan kita dekat dengan Allah swt , maka hidup kita akan senantiasa damai dan bahagia . Semoga bermanfaat . . . .

adversitemens