Keistimewaan Bulan Muharram Bagi Umat Islam

Keistimewaan bulan muharram | Apakah yang membedakan bulan muharram dengan bulan – bulan yang lain?bukankah semua bulan itu sama.Bulan Muharrom merupakan awal tahun atau merupakan pergantian tahun pada kalender Hijriyyah.

Bulan Muharram

Keistimewaan Bulan Muharrom

Pada zaman Nabi Muhammad SAW bulan Muharrom merupakan bulan dimana diharamkan untuk melakukan peperangan. Sebagian Ulama menjelaskan bahwa di bulan Muharrom diharamkan untuk melakukan kedzoliman dan kemaksiatan.

Keutamaan bulan muharrom juga telah dijelaskan dalam QS.ATTAUBAH Ayat 36:

bulan muharram

adversitemens

(INNA’IDATASSYUHURI ’INDALLOHISNAA  ’ASARASYAHRON FIKITABILLAHI YAUMAKHOLAQASSAMAWATI WALARDAMINHA ARBA’ATUN KHURUMUN  DZALIKA DINULQOYYIMU FALATADLIMU FIHINNA  ANFUSAKUM WAQOTILU MUSYRIKINA  KAAFATAN  KAM A YUQOTILUNAKUM KA AFATAN  WA’LAMU ANNALLOHA MA’ALMUTTAQIN)

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut ALLOH ialah dua belas bulan , (sebagaimana) dalam ketetapan Alloh pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus ,maka janganlah kamu mendzalimi dirimu dalam (bulan yang empat ) iti, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa ALLOH beserta orang –orang yag takwa.” (QS .ATTAUBAH Ayat 36 )

Dalam surat tersebut bahwa ALLOH swt setelah menciptakan langit dan bumi ALLOH menciptakan bulan yang jumlahnya 12 yaitu bulan pada tahun Hijriyyah.Diantara 12 bulan tersebut ada 4 yang diutamakan bulan tersebut adalah bulan Dzulqo’dah, dzulhijjah , muharrom , dan rajjab. Yang paling diutamakan adalah bulan 3 yang berturut turut yaitu bulan dzulqo’dah,dzulhijjah dan muharrom.Pada bulan Muharrom dilarang untuk melakukan pembunuhan dan peperangan antar sesama muslim,tetapi dalam surat ini ada perintah bahwa orang muslim harus memerangi orang musyrik atau orang kafir yang selalu mengajak kedalam kehancuran.

Pada bulan muharrom juga bulan dimana nabi Musa menang atas Firaun.

Bulan dzulhijjah disebut juga dengan Syahrulloh asham yang memliki arti bulan ALLOH yang sunyi. Mengapa dinamakan bulan ALLOH ,karena pada bulan ini dilarang dilakukannya peperangan

.

adversitemens

Sebagian juga dijelaskan dalam HR MUSLIM dari sahabat ABU HURAIROH RODIALLOHU’ANHU  :”Puasa yang paling utama setelah bulan Ramadhan adalah puasa dibulan ALLOH (yaitu) Muharrom.Sedangkan sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam ”

Amalan yang dianjurkan dalam bulan muharrom

Bulan muharrom merupakan bulan dimana semua amal akan dilipatgandakan,jadi semua amalan yang baik dianjurkan untuk lebih ditingkatkan.

Amalan yang paling diutamakan dalam bulan muharrom adalah memperbanyak puasa sunnah.

Puasa yang dianjurkan yaitu puasa asysuro pada tanggal 10 muharrom,akan tetapi pada tanggal ini para kaum Yahudi dan Nasrani juga melakukan puasa, maka Nabi Muhammad menganjurkan untuk kita melakukan puasa sehari sebelum atau sehari sesudah tanggal 10 muharrom untuk membedakan dengan kaum nasrani .

Rosululloh bersabda:”saumlah kalian pada hari asuro dan bedakanlah dengan kaum yahudi atau nasrani.Saumlah kalian sehari sebelum atau sesudahnya.”(HR.ATH-TAHAWI dan BAIHAQI serta IBNU HUZAIMAH 2095)

Dari Ibnu abbas Rodiyallohu’anhu: “pada saat Rosululloh melaksanakan saum(puasa)assyuro dan memerintahkan para sahabat untuk melaksanakannya juga,mereka berkata”ya rosululloh bukankah assyuro merupakan hari yang diagung-agungkan oleh para kaum nasrani dan yahudi.”maka Rosululloh SAW bersabda:”insyaALloh jika aku sampai pada tahun yang akan datang maka aku akan melakukan puasa pada tanggal 9.”Ibnu abbas berkata bahwa Rosululloh meninggal sebelum sampai tahun berikutnya.”(HR.MUSLIM1134)

Puasa asuro dapat menghapus dosa setahun sebelum.seperti yang dijelaskan sebagai berikut :

Hadist dari abu  qotadah :”bahwa puasa tersebut dapat menghapus dosa-dosa kita setahun sebelumnya.”(HR.MUSLIM 2/819)

Demikin penjelasan tentang keutamaan bulan muharrom ,semoga kita senantiasa membersihkan diri kita ,mensucikan jiwa supaya ditahun yang akan datang kita lebih baik dari tahun sebelumnya ,jangan hanya tanggal ,bulan ,tahun yang berganti tapi kelakuan kita dan jiwa kita pun harus berganti menjadi lebih baik.

adversitemens