Rahasia Dibalik Bau Mulut Orang Yang Berpuasa Ramadhan

Salah satu yang di rasakan oleh orang yang sedang berpuasa yaitu bau mulut . Lalu apakah bau mulut orang yang berpuasa ramadhan memiliki hikmah atau keutamaan ? ataukah sama halnya dengan bau mulut orang yang biasa tidak sedang berpuasa ? Sedang bau mulut sering kali menjadi sebuah kerisihan untuk kebanyakan .

Untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan seperti halnya pertanyaan di atas , mari kita pelajari bersama mengenai rahasia di balik bau mulut orang yang sedang berpuasa ramadhan .

Bau Mulut Orang Yang Berpuasa

Keutamaan Bau Mulut Orang Yang Berpuasa Ramadhan

Bau mulut merupakan suatu masalah serius bagi sebagian orang , karena dapat menyebabkan kerisihan bahkan dapat mengurangi rasa percaya diri . Dan bau mulut juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dirisendiri ataupun orang lain.

Bau mulut orang yang sedang berpuasa juga lebih tajam dibanding bau mulut orang yang tidak berpuasa .Namun yang perlu kita tahu , bau mulut yang ditimbulkan karena sedang berpuasa ramadhan itu memiliki banyak hikmah serta keutamaan . Dan bau mulut orang yang sedang berpuasa lebih mulia atau lebih harus di bandingkan dengan harumnya minyak misk .

adversitemens

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist di bawah ini :

Bau Mulut Orang Yang Berpuasa

Dari penjelasan hadist di atas dapat kita simpulkan bahwa bau mulut yang disebabkan karena berpuasa memiliki rahasia yang luar biasa yaitu :

  • Bau mulut orang yang berpuasa , disisi Allah sawt lebih harum di bandingkan dengan bau minyak misk , sedang bau minyak misk itu luar biasa harumnya .

Subhanallah . . . jadi , bergembiralah kita yang dapat menjalankan puasa . Karena dengan berpuasa , selain mendapat pahala dari Allah swt kita pun mendapatkan hikmah atau manfaat bau mulut yang luar biasa walaupun ketika di dunia kita merasa terganggu dengan bau mulut yang luar biasa .

Mengapa bau mulut orang yang berpuasa memiliki keutamaan yang sebeitu besarnya ? Mungkin pertanyaan ini juga muncul diantara kita . Dan kita pun penasaran bukan mengapa hanya bau mulut yang tidak sedap dapat berubah menjadi bau yang paling harum disisi Allah swt .

Berikut adalah hadist yang menjelaskan beberapa sebeb bau mulut orang yang berpuasa akan mendapat balasan bau yang harumnya melebihi minyak misk :

adversitemens

Bau Mulut Orang Yang Berpuasa

Dari hadist di atas , dapat kita simpulkan bahwasannya ada beberapa alasan mengapa bau mulut orang yang berpuasa akan mendapat balasan bau wangi yang luar biasa , alasan tersebut adalah :

1. Amal ibadah puasa merupakan perisai , dan puasa merupakan amal ibadah yang satu – satunya bukan untuk diri orang yang menjalankannya atau dengan kata lain amal puasa bertujuan untuk Allah swt dan Allah swt lah yang memberikan pahalanya .

2. Amal ibadah puasa merupakan suatu rahasia antara seorang hamba dengan Rabbnya ( Allah swt ) . karena rahasia itupun Allah swt membalasnya di akhirat dengan menampakkan orang yang menjalankan ibadah tersebut dengan bau mulut yang harum diantara manusia – manusia yang tidak mengerjakan amal ibadah puasa . Subhanallah . . .

3. Ketaatan melaksanakan ibadah puasa yang di dunia menyebabkan tidak enak pada jiwa , namun ketaatan tersebut akan di balas kelak di akhirat oleh Allah swt . Jadi , bau mulut di dunia karena berpuasa akan di balas oleh Allah swt dengan bau yang sangat wangi di akhirat .

Dan dari hadist di atas juga dijelaskan bahwasannya kebahagiaan orang yang sedang berpuasa ada dua , yaitu:

  • Ketika bertemu dengan waktu berbuka , maka ia akan senang dengan berbuka puasanya .
  • Ketika bertemu dengan Allah swt , maka ia akan senang dengan puasanya .

Dalam riwayat lain juga dijelaska sebagai berikut :

Bau Mulut Orang Yang Sedang Berpuasa

Allah swt berfirman dalam QS.Maryam ayat 96 :

Bau Mulut Orang Yang Berpuasa

Jadi , bau mulut seseorang yang berpuasa yang berubah harum di akhirat itu merupakan buah hasil dari ketaatannya kepada Allah swt . selama di dunia . Dan karena itu juga , orang tersebut akan semakin di sukai oleh banyak orang di akhirat . Subhanallah . . .

Demikian penjelasan mengenai rahasia dibalik bau mulut orang yang sedang berpuasa . Jadi , mulai saat ini jangan khawatir dengan bau mulut yang di sebabkan karena menjalankan puasa . Mari mulai sekarang perbaiki kualitas ibadah dan ketaatan kita . Supaya kelak di akhirat kita dapat memetik hasilnya .

Namun yang perlu diingat , bau mulut yang dimaksud disini itu  dikarenakan sedang berpuasa . Bukan karena jorok jarang sikat gigi . Karean bau mulut orang yang sedang berpuasa , disebabkan karena lambung kita sedang kosong tidak terisi makanan .Bukan karena mulut yang kotor , jika karena mulut yang kotor dengan sikat gigi maka baunya akan hilang sedangkan bau mulut orang yang berpuasa akan tetap bau walaupun sudah sikat gigi . Dan jika dihilangkan maka kita akan rugi , karena luar biasa bau mulut karena puasa kelak dirubah oleh Allah swt dengan harum yang luar biasa juga .

Semoga dengan penjelasan singkat di atas , kita tidak khawatir lagi dengan bau mulut yang sangat tajam ketika berpuasa . Semoga bermanfaat . . . .

adversitemens