Memahami Hukum Bacaan Nun mati / Tanwin

 

Nun Mati Tanwin

Hukum Bacaan Nun mati / Tanwin | Dalam ilmu Tajwid terdapat hukum bacaan nun mati / tanwin .Ada berapakah yang termasuk dalam bacaan Nun mati / tanwin ? Apa saja nama – nama hukum bacaan dari nun mati / tanwin dan apa sebab- sebabnya ? mari kita pelajari bersama .

Pengertian

Tajwid secara bahasa yaitu memperindah sesuatu. Sedang secara istilah Tajwid yaitu mengeluarkan setiap huruf dari mahrojnya sesuai dengan hak dan mustahaknya.

Ada yang berpendapat juga bahwa ilmu tajwid adalah ilmu untuk mempelajari bagaimana cara membaca al-qur’an yang baik dan benar .Didalam ilmu tajwid , ketika ada nun mati / tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah maka hukum bacaan yang dihasilkan yaitu :

adversitemens

a. Idzhar

b. Idzham

c. Ikhfa

d. Iqlab

Nun mati Tanwin

Penjelasan bacaan nun mati / tanwin

1. Idzhar

Idzhar berarti jelas . Suatu bacaan di katakan idzhar apabila ada nun mati / tanwin bertemu dengan salah satu huruf halqi. huruf halqi terdiri dari : bacaan nun mati / tanwin ( alif , kha , ha’ , ‘ain , ghain , ha ),jadi jika ada bacaan idzhar maka dibacanya jelas.

adversitemens

Contoh bacaan idzhar diantaranya :

bacaan nun mati / tanwin

2. Idzham

Idzham berarti memasukkan atau meleburkan. Dikatakan bacaan idzham apabial nun mati / tanwin bertemu dengan salah satu huruf  bacaan nun mati / tanwin ( ya , nun , mim , wawu , lam , ra ).

Cara bacanya yaitu seolah – olah menstasjidkan huruf nun / tanwin dengan huruf hidup sesudahnya.

Bacaan idzham terbagi menjadi dua , yaitu :

a. Idzham Bighunnah

Idzham bigunnah berarti memasukan dengan mendengung yaitu apabila nun mati / tanwin bertemu dengan huruf  ya , nun , mim , dan wawu . jadi, cara membaca bacaan idzham bighunnah yaitu dengan di dengungkan.

Contoh bacaannya :

bacaan nun mati / tanwin

b. Idzham bilahunnah

Idzham bilahunnah artinya yaitu tidak mendengung,yaitu apabila nun mati/ tanwin bertemu dengan salah satu huruf  lam dan ra  . Cara bacanya yaitu tidak didengungkan tetapi nun / tanwin melebur ke huruf selanjutnya .

Contoh bacaannya :

contoh nun mati atau tanwin

3. Ikhfa

Ikhfa yaitu samar -samar , apabila ada nun mati / tanwin bertemu dengan salah satu huruf ikhfa yang ada 15. huruf- huruf tersebut adalah bacaan nun mati / tanwin

( ta , tsa , ja , dal . dzal , za ,sa  , sya , so, do , to , dzo , fa  , qa , ka )

Contoh bacaan ikhfa :

bacaan nun mati / tanwin

4. Iqlab

Iqlab berarti membalik , yaitu apabila ada nun mati / tanwin bertemu dengan huruf iqlab  ( ba ). huruf iqlab hanya ada 1 yaitu ba .

cara bacanya dilebur atau berubah menjadi mim .

Contoh bacaan iqlab :

bacaan nun mati / tanwin

Demikian penjelasan tentang hukum bacaan nun mati / tanwin , setelah mengetahui beberapa hukum bacaan nun mati / tanwin semoga kita menjadi lebih baik dalam membaca al-qur’an .

adversitemens