Amalan – Amalan Di Bulan Rajab Sesuai Dengan Sunnah

Bulan Rajab merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan , dan merupakan salah satu dari empat bulan haram . Di bulan rajab dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah . Lalu apa sajakah amalan di bulan rajab yang sesuai dengan sunnah ? Apakah ada sebuah amalan yang dikhususkan ? Untuk lebih jelasnya , mari kita pelajari bersama .

Amalan Di Bulan Rajab

Bulan Rajab adalah Bulan Haram 

Bulan rajab merupakan bulan yang terletak diantara bulan Jumadil akhir dan bulan Sya’ban . Bulan Rajab merupakan salah satu bulan haram ( suci ) seperti yang dijelaskan di dalam Firman Allah swt dalam QS. At- Taubah ayat 36 :

Amalan Di bulan Rajab

adversitemens

Lalu apa sajakah yang termasuk kedalam empat bulan haram seperti yang terkandung di dalam ayat di atas ? Dalam sebuah hadist dijelaskan empat bulan haram tersebut adalah sebagai berikut :

Rasulullah saw bersabda :

Amalan Di bulan Rajab

Dengan demikian . yang termasuk dalam 4 bulan haram yaitu Bulan Dzulqo’dah , dzulhijjah ,Muharram dan Rajab. Dan sudah jelas bukan ? bulan Rajab merupakan salah satu dari bulan yang diutamakan .

Amalan – Amalan Di Bulan Rajab

Seseungguhnya tidak ada amalan – amalan yang dikhususkan untuk diamalkan di bulan Rajab . Namun , bulan rajab merupakan salah satu bulan yang sangat mulia . Dan sangat baik untuk melaksanakan amalan – amalan ketaatan. Bahkan banyak hadist – hadist yang menjelaskan betapa istimewanya bulan rajab dan balasan kelak bagi orang yang melakukan amalan di bulan rajab . Perhatikan penjelasan berikut ini :

Amalan di bulan rajab

adversitemens

Di kalangan masyarakat kita , selama ini jika memasuki bulan rajab maka mereka melakukan beberapa amalan seperti :

  • Membaca Do’a Awal bulan Rajab

Sesungguhnya membaca do’a awal bulan rajab , yang selama ini kita amalkan bukan tanpa alasan atau tanpa dasar hukum . Dalam sebuah hadist di jelaskan bahwa Rasulullah saw selama hidupnya ketika memasuki bulan Rajab beliau membaca sebuah do’a . Do’a tersebut adalah :

Amalan Di bulan Rajab

Dan hadist yang menjelaskan hal tersebut di atas adalah :

Amalan Di Bulan Rajab

Artinya : ” Dulu ketika Rasulullah saw memasuki bulan Rajab , beliau membaca :” Ya Allah , berkahilah kami di bulan Rajab , Sa’ban ini , dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan .”

  • Menunaikan Puasa Sunnah  Di Bulan Rajab

Berpuasa merupakan suatu bentuk amal ibadah yang di syariatkan untuk dikerjakan di bulan Rajab . Walaupun sesungguhnya menjalankan puasa kapanpun boleh atau semua waktu di syariatkan . Kecuali bulan Ramadhan , hari raya dan hari tasyrik. Karena bulan ramadhan merupakan bulan yang diwajibkan untuk berpuasa ,dan hari raya dan hari tasyrik di haramkan untuk mengerjakan puasa .

Berikut adalah dasar hadist menunaikan ibadah puasa Rajab :

Al Imam Ibnu Hajar Al- Haitami berkata dalam Al- Fatawa al – Kubra al- Fiqhiyyah (2/53 ) dan fatwa beliau mengutip dari fatwa Al- Imam Izzudin bin Abdussalam :

Amalan Di Bulan Rajab

Dalam sebuah riwayat yang diriwayatkan oelh imam Muslim dijelaskan bahwa Rasulullah saw bersabda : ” Seutama – seutama puasa setelah Puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Harram ( bulan dzulqo’dah , dzulhijjah , Muharram dan Rajab ) .

Riwayat Abu Fath , dari Al- Hasan berkata bahwa Rasulullah saw bersabda : ” Rajab itu BulanNya ALLAH Swt , Sa’ban bulanku dan Ramadhan bulan Umatku .”

Riwayat dari At- Tabarani dari Sya’id bin Rasyid dijelaskan bahwa :” barangsiapa yang berpuasa sehari di bulan Rajab , ia laksana berpuasa setahun . Apabila ia berpuasa tujuh hri maka akan ditutupkanlah dari ia pintu neraka jahannam , dan barangsiapa berpuasa delapan hari maka untuknya delapan pintu syurga dan bila berpuasa delapan hari maka Allah swt akan mengabulkan semua permohonannya . . .”( HR.At- Tabarani )

Dalm sebuah riwayat juga dijelaskan bahwa ada sebuah sungai di dalam surga yang bernama sungai rajab , berikut hadist yang menjelaskannya :

Amalan Di bulan rajab

Yang perlu diingat adalah bahwa hukum menjalankan puasa di bulan rajab adalah sunnah , namun tidak ada salahnya apabila kita mampu untuk menjalankannya . Karena puasa di bulan harram atau di bulan rajab itu lebih utama setelah puasa di bulan ramadhan yang hukumnya wajib.

  • Membaca Shalawat Nabi 

Selain berpuasa , amalan lain yang dapat kita kerjakan di bulan rajab adalah membaca Shalawat kepa junjungan kita nabi agung Muhammad saw .

Shalawat yang dapat di baca tiap hari di bulan Rajab , yaitu

Amalan Di bulan Rajab

Dan dalam sebuah riwayat juga dijelaskan bahwa seseorang yang membaca shalawat di bulan Rajab , maka ia akan mendapatkan sungai yang ada disyurga yang bernama sungai Rajab . Dan digambarkan pula sungai rajab warna putihnya lebih putih dari susu dan manisnya lebih manis di banding madu . Subhanallah . . .

Berikut adalah hadist yang menjelaskan hal ini :

Amalan Di Bulan Rajab

  • Wirid Dan Dzikir selama bulan Rajab 
  • Melaksanakan shalat Tasbih
  • Memperbanyak sedekah

Amalan – amalan di atas merupakan amalan – amalan yang sudah biasa kita laksanakan ketika memasuki bulan Rajab . Dan ternyata ajaran tersebut merupakan ajaran yang telah diajarkan Rasulullah saw dan bukan merupakan bentuk bid’ah . Dan sesungguhnya memperbanyak amalan di bulan yang harram atau bulan yang diutamakan maka akan menambah pahala kita selain itu juga melaksanakan amalan – amalan di bulan Rajab , dapat menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah swt . Serta janji Allah swt bukanlah sebuah janji yang tanpa bukti , namun sesungguhnya janji Allah swt itu nyata . Jadi mulai sekarang mari kita perbanyak ibadah tidak hanya dalam bulan – bulan tertentu , namun setiap waktu . Dan tidak menutup kemungkinan kita memperbanyak amal dan mendekatkan diri di bulan – bulan yang istimewa supaya kitapun mendapatkan keberkahan dari Allah swt .

Demikian penjelasan mengenai amalan – amalan di bulan Ramadhan sesuai dengan sunnah . Semoga dengan penjelasan diatas kita dalam menghadapi bulan Rajab ini yang merupakan bulan menjelang Ramadhan , tidak seperti bulan – bulan sebelumnya . semoga kita mampu memperbaiki diri dan membiasakan diri beribadah kepada Allah swt . Jangan hanya karena disuruh atau karena hari itu spesial , namun berusahalah setiap waktu berbuat baik , jangan hanya karena pahala namun mencarilah ridho dan berkah Allah swt karena jika ibadah yang kita kerjakan mendapat ridha dan berkah dari Allah swt maka sudah otomatis pahala mengikutinya . Namun sebaliknya jika kita mengerjakan sesuatu hanya karena pahala , maka belum tentu Allah swt memberi pahala sesuai dengan orang yang mengerjakan dengan ikhlas .

adversitemens