Amal Ibadah Yang Pahalanya Tidak Akan Putus Dalam Islam

Amal Ibadah Yang pahalanya tidak akan putus | Apakah ada amal ibadah yang pahalanya tidak akan putus – putus walaupun orangnya telah meninggal ? Sedangkan seseorang yang telah meninggal , maka amal ibadahnya akan terputus dan tidak ada kesempatan lagi untuk mencari tambahan pahala. Namun , dalam sebuah hadist dijelaskan bahwasannya ada beberapa amal ibadah di dunia yang tidak akan putus sampai orang tersebut berada di liang lahat atau yang telah meninggal dunia . Apa sajakah amalan – amalan ibadah tersebut ? Mari kita pelajari bersama .

Amal Ibadah Yang Pahalanya Tidak Akan Putus

Allah swt akan memberikan pahala atau ganjaran kepada setiap hambanya yang mau melakukan amal ibadah walaupun hanya melakukan ibadah sebesar dzarrah atau debu .

Allah swt berfirman dalam QS.An- Nisa ayat 40 :

Amal Ibadah

Setiap kebajikan atau amal perbuatan yang baik , seperti shalat , puasa , zakat ataupun amalan – amalan sunnah yang lain maka akan tetap mendapatkan pahala dari Allah swt . Namun Setiap orang yang meninggal akan terputus semua amal ibadahnya  .

adversitemens

Perhatikan penjelasan di bawah ini 

Rasulullah saw bersabda :

Amal Ibadah

Dari hadist di atas , dijelaskan bahwasannya seseorang yang telah meninggal maka amal ibadahnya akan terputus , namun ada 3 amalan yang tidak akan terputus pahalanya bagi pelakunya yaitu

  1. Sedekah jariyah ( wakaf )
  2. Ilmu yang bermanfaat
  3. Do’a anak shaleh .

Perhatikan Hadist di bawah ini :

Amal Ibadah

adversitemens

Dari penjelasan hadist di atas mengenai amalan – amalan ibadah yang tidak akan putus pahalanya secara lebih rinci meliputi :

  1. Amal jariyah ( wakaf )
  2. Ilmu Yang bermanfaat
  3. Do’a anak shaleh
  4. Mewakafkan al – qur’an , buku atau kitab
  5. Membangun masjid atau tempat menuntut ilmu
  6. Membangun Tempat penginapan bagi para musafir
  7. Membuat Sumur
  8. Membuat Irigasi
  9. Menanam Pohon yang buahnya bisa di manfaatkan , contohnya kurma .
  10. Berjuang atau membela Negara

1.Amal Jariyah 

Amal jariyah yaitu semua hal yang bermanfaat dan manfaatnya dapat dirasakan atau dinikmati oleh banyak orang atau halayak umum.

Contoh – contoh yang terasuk kedalam amal jariyah yaitu meliputi :

a. Membangun masjid .

b. Membangun tempat menuntut ilmu .

c. Memberikan al-qur’an atau kitab kepada seseorang , setiap kali orang yang di beri membacanya maka mengalirlah pahala untuk sang pemberi walaupun dia telah meninggal dunia .

d. Menyumbangkan sebuah kursi roda ke rumah sakit . Setiap ada pasien yang menggunakannya maka mengalirlah terus amal atau pahalanya .

e. Menanam sebuah pohon . Setiap ada seseorang yang berteduh di bawahnya atau memakan buahnya maka mengalirlah pahala kepada sang penanam.

Yang termasuk kedalam amal jariyah bukan hanya yang dicontohkan di atas , namun semua hal kebaikan yang dapat dimanfaatkan oleh halayak umum itu termasuk ke dalam amal jariyah .

2. Ilmu Yang Bermanfaat 

Suatu ilmu dikatakan bermanfaat yaitu ketika ilmu itu dapat kita amalkan terlebih dahulu oleh diri kita sendiri dan setelah kita mengamalkannya maka selanjutnya adalah mengajarkan kepada orang lain . Ilmu itu tidak hanya ilmu pengetahuan akan tetapi ilmu agama dan ilmu adab atau tatak rama atau semua hal kebaikan itu juga merupaka ilmu . Dan dapat juga menjadi ilmu yang bermanfaat apabila kita dapat mengamalkan dan mengajarkan kepada orang lain .

Cara yang dapat dilakukan supaya ilmu dapat menjadi bermanfaat yaitu :

  • Menjadi guru , dosen

Dengan menjadi guru atau dosen maka kita dapat mengajarkan ilmu kebanyak orang . Satu orang aja yang kita ajarkan dapat mengamalkan ilmu yang telah diajarkan , bisa dibayangkan berapa kali lipat pahala yang dapat diterima apaila yang mengamalkan tidak hanya satu .

  • Mendirikan sekolah atau pesantren

Dengan kita mendirikan sebuah sekolah atau pesantren maka kita telah menciptakan fasilitas untuk tempat belajar bagi banyak orang . Bayangkan berapa orang yang dapat sekolah atau menuntut ilmu , maka sebanyak itu juga bahkan berlipat ganda pahala yang dapat di dapat oleh yang endirikan sekolah atau pesantren .

  • Menulis buku

Dengan menulis buku yang isinya bermanfaat , dan banyak orang yang membacanya . Sudah dapat kita bayangkan berapa kali lipat pahala yang dapat di dapat oleh seseorang yang menuis buku bermanfaat .

  • Membuat website yang bermanfaat
  • Membuat saluran televisi yang isinya dapat bermanfaat untuk halayak umum

Lalu ,bagaimana apabila kita tidak memiliki ilmu yang banyak atau kurang pintar dan kita pun tidak memiliki harta yang melimpah ? janganlah berkecil hati . Semua hal baik yang kita lakukan walaupun itu hanya hal yang kecil tetap akan ALLAH SWT berikan pahala kepada kita .

Amal Ibadah

3. Do’a anak Shaleh 

Do’a dari seorang anak yang shaleh merupakan do’a yang dapat menolong kita saat kita telah meninggal . Dan Allah swt akan memberikan pahala yang tidak akan terputus  kepada kita atas keberhasilan kita dalam mendidiknya .

Lalu bagaimana ketika kita tidak memiliki anak ? apakah kita tidak berhak untuk mendapatkan kistimewaan itu . Jawabannya TIDAK , karena tidak ada ketentuan harus anak kandung . Ketika kita mengasuh anak yatim yang bukan anak kandung kita , dan mendo’akan kita maka kita pun akan tetap mendapat pahala di alam sana .

Perhatikan Hadist dibawah ini :

Amal Ibadah

Dari Hadist diatas , dijelaskan betapa besar pahala dan balasan bagi seseorang yang merawat anak yatim dengan sepenuh hati .

Subhanallah . . .. .

Begitu banyak amal ibadah yang tidak kita sadari yang pahalanya tidak akan putus walaupun kita telah meninggal dunia . Apakah anda akan masih bertingkah buruk ? ataukah anda akan lebih sedikit berbuat baik dan lebih memikirkan akan kepentingan orang lain ? semua itu hanya anda yang dapat menjawabnya . Semoga dengan penjelasan mengenai amal ibadah yang pahalanya tidak akan putus sampai meninggal dunia . Kita akan lebih sadar dan lebih mendekatkan diri lagi kepada ALLAH SWT . Semoga bermanfaat . . . .AMIN

adversitemens