Amal Ibadah Sunnah Di Bulan Ramadhan Yang Sayang Untuk Ditinggalkan

Amal Ibadah Sunnah Di Bulan Ramadhan | Selain dibulan ramadhan kita di wajibkan untuk mengerjakan ibadah puasa , ada juga amal ibadah sunnah yang dianjurkan bahkan sayang apabila kita tinggalkan .

Bulan ramadhan merupakan bulan dimana semua pahala amal ibadah kita akan dilipat gandakan . Maka dari itu , di bulan ramadhan seluruh umat islam berlomba – lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak – banyaknya . Dan cara untuk mendapatkan pahala ynag banyak selain menjalankan ibadah puasa dan shalat yang memang hukumnya wajib , kita juga dapat melakukan ibadah – ibadah lain yang di sunnahkan . Lalu apa sajakah yang tergolong atau termasuk kedalam amal ibadah yang di sunnahkan Rasulullah saw ? Perhatikan penjelasan di bawah ini !

Amal Ibadah Sunnah Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan , bulan yang penuh ampunan dan penuh dengan kenikmatan. Seorang muslim yang sejati pasti menginginkan dan berlomba – lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak – banyaknya . Orang yang beruntung adalah orang yang mendapat kesempatan hidup di bulan ramadhan dan mampu menjalankan ibadah baik yang wajib ataupun sunnah . Dan orang yang rugi adalah orang yang mendapat kesempaan hidup di bulan ramadhan akan tetapi dirinya hanya asal menjalankan ibadah yang diwajibkan saja . Sedangkan orang yang tidak sama sekali menjalankan ibadah baik yang di wajibkan apalagi yang disunnahkan di bulan ramadhan maka dia adalah orang yang bodoh .

Berpuasa Di bulan ramadhan adalah suatu kewajiban seorang muslim dan suatu tanda orang yang bertaqwa . Hal ini dijelaskan dalam QS.Al-Baqarah ayat 183 : 

Amal Ibadah Sunnah Di Bulan Ramadhan

adversitemens

Amal ibadah sunnah , merupakan amal ibadah yang dicontohkan oleh Rasulullah saw , yang jika kita tinggalkan sangatlah sayang .

Amal ibadah sunnah di bulan ramadhan diantaranya adalah : 

1. Melaksanakan Makan Saur 

Makan saur , adalah makan dan minum di waktu dini hari dari jam 01.00 sampai waktu sebelum imsak yang dilakukan oleh seseorang sebelum melakukan ibadah puasa di siang harinya .

Makan sahur memiliki manfaat supaya ketika kita menjalankan puasa disiang hari tetap memiliki cadangan makanan dan di dalam menjalankan makan saur ada suatu berkah dan makan saur adalah suatu sunnah Rasul. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadit di bawah ini :

Amal Ibadah Sunnah Di Bulan Ramadhan

adversitemens

Amal Ibadah Sunnah Di Bulan Ramadhan

2. Menyegerakan Berbuka Puasa 

Ketika waktu berbuka puasa telah masuk , dan seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa menyegerakan untuk berbuka , maka kebaikan ada pada dirinya . Mengapa demikian ? jawabannya ada di dalam sebuah hadit di bawah ini :

Amal Ibadah Sunnah Di Bulan Ramadhan

Jadi , kita sebagai orang muslim maka ketika telah masuk waktu buka jangan menunda – nunda untuk berbuka puasa karena itu sebuah sunnah dan dalam berbuka puasa ada banyak kebaikan .

3. Melaksanakan Ibadah shalat Tarawih ( Qiyamul Ramadhan ) 

Shalat Tarawih , yaitu Shalat sunnah yang dilakukan di bulan ramadhan di malam hari boleh dilakukan sendiri ataupun berjama’ah . Shalat tarawih merupakan sunnah yang apabila kita tinggalkan sangatlah merugi .

4. Memberi Makanan Untuk Berbuka Puasa 

Memberi makanan untuk berbuka puasa kepada orang yang sedang berpuasa , adalah suatu amalan yang sangat mulia dan akan mendapatkan pahala besarnya sama seperti orang yang sedang berpuasa . Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist :

Amal Ibadah Sunnah Di Bulan Ramdhan

Memberi makan untuk berbuka puasa kepada orang yang sedang bepuasa adalah suatu bentuk atau perwujudan kita berbagi risky terhadap sesama . Dan bertujuan supaya kebiasaan saling memberi akan tetap terjali walaupun sudah bukan bulan ramadhan . Atau dengan kata lain , suatu bentuk untuk melatih diri dalam melakukan kebaikan .

5. Membaca Al-Qur’an 

Waktu dimana Al-qur’an pertama kali diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Muhammada saw yaitu di bulan ramadhan tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan .

Dan di bulan ramadhan juga Rasulullh saw sering membaca Al-qur’an di banding di bulan – bulan yang lain . Jadi , membaca al-qur’an di bulan ramadhan adalah sebuah sunnah rasul yang dapat menjadi sebauh program unggulan dalam sebuah keluarga .

Jika di bulan – bulan yang lain biasanya kita dapat melakukan khatam al-qur’an dalam waktu 1 bulan sekali , di bulan ramadhan semoga kita bisa melakukan khatam al-qur’an sebnayak dua kali atau bahkan lebih atau lebih baik lagi setiap hari dapat khatam al-qur’an .

6. I’tikaf 

I’tikaf yaitu berdiam diri di dalam masjid dengan bertujuan untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah swt.

I’tikaf adalah suatu amalan yang sering sekali Rasulullah saw kerjakan , dan Rasulullah saw mengerjakan sejak awal ramadhan namun waktu yang paling sering Rasulullah saw mengerjakan untuk i’tikaf yaitu 10 hari akhir di bulan ramadhan .

7. Bertaubat 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan ampunan . ALLAH SWT telah menjelaskan bahwa di bulan ramadhan semua pintu maaf sedang di buka . Jadi , bulan ramadhan adalah waktu yang jangan pernah kita sia – siakan untuk memohon ampun atau bertaubat kepada Allah swt dengan sepenuh hati untuk kembali ke fitrah atau kembali menjadi suci lagi .

8. Umrah 

Ketika diantara kita memiliki risky yang cukup untuk pergi umrah maka hendaknya kita pergi menjalankan ibadah umrah , karena sesungguhnya umrah di bulan ramadhan terdapat pahala yang sangat berlipat – lipat .

Rasulullah saw bersabda , bahawasannya seorang muslim yang menjalankan ibadah umrah di bulan ramdhan maka pahalanya seperti pergi haji bersama Rasulullah saw . ( HR . Bukhari dan Muslim )

Jadi , umrah hanya diperuntukkan bagi yang mampu secara materiil dan imateriil . Bagi yang tidak mampu tidak menjalankan umrah juga tidak apa – apa , karena Allah swt tidak suka menyusahkan umatNya .

9. Berdakwah 

Bulan ramadhan adalah waktu dimana seseorang mudah untuk meendengarkan nasihat . Jadi , bulan ramadhan merupakan momentum dimana jangan sampai kita sia – siakan untuk saling mengingatkan . Dan saling memberi nasihat kepada hal yang baik dan menghindarkan dari hal yang buruk adalah sebuah perintah yang terkandung dalam QS. AL- Imran ayat 104 :

Amal Ibadah Sunnah Di Bulan Ramadhan

Dan dalam kita memberikan nasihat hendaknya , selalu ada dalil yang mendasari supaya yang kita jelaskan jelas dasrnya dan orang pun akan lebih mudah menerimanya .

Hal ini berdasarkan pada hadist :

Amal Ibadah Sunnah Di Bulan Ramadhan

10. Lailatul Qadar 

Dalam Bulan Ramadhan ada satu malam yang sangat istimewa dan disebut dengan malam seribu bulan . Malam ini disebut dengan malam lailatul qadar . Malam lailatul qadar , yaitu malam – malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan .

Rasullah saw menjelaskan juga bahwasannya barangsiapa yang menjalankan shalat pada malam lailatul qadar , dengan penuh keimanan , maka Allah swt akan mengampuni dosa – dosa orang tersebut yang telah lalu .

Dan Rasulullah saw juga mengajarkan pada kita do’a yang di baca supaya kita dapat mendapatkan lailatul qadar adalah :

Amal Ibadah Sunnah Di Bulan Ramadhan

11. Memperbanyak Berdo’a kepada Allah swt

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan , dan penuh dengan keistimewaan . Dan barangsiapa yang berdo’a dan memohon sesuatu pasti Allah swt kabulkan . Apalagi berdo’anya bersungguh – sungguh dan sering dilakukan .

Subhanallah . . . begitu banyak amalan yang kelihatannya sepele namun itu sesungguhnya sunnah rasul dan pahalanya pun banyak sekali . Dan diantara kita juga masih sering menganggap bahwasannya yang penting mengerjakan puasa amal ibadah yang lain belakangan . betul tidak ? tidak munafik pasti diantara kita pernah memiliki pemikiran yang seperti itu . Itu semua wajar saja . Namun , sesungguhnya hal – hal yang sunnah adalah penyempurna dari hal – hal yang wajib yang belum sempurna . Jadi dengan kata lain , jika pahala puasa kita tidak sempurna dapat kita sempurnakan dengan pahala dari amal ibadah yang lainnya . Subhanallah . .

Jadi , siapalah yang ingin di bulan ramadhan ini beruntung ? ataukah ingin menjadi seseorang yang merugi ? pilihan ada pada diri kita masing – masing .

Jika kita ingin menjadi seseorang yang beruntung maka kerjakanlah puasa ramadhan dengan penuh keimanan dan juga tidak lupa mengerjakan ibadah wajib yang lainnya seperti shalat dan zakat fitrah . Serta tidak lupa juga kerjakan amal ibadah sunnah yang apabila kita tinggalkan sangat sayang , karena kita hanya akan rugi .

Semoga dengan penjelasan di atas , ibadah kita menjadi lebih baik dan di terima oleh Allah swt pastinya . Semoga bermanfaat .Amin

adversitemens